Ditulis pada tanggal 31 Oktober 2018, oleh admin, pada kategori Berita

Kompoeng budaja1

Kampoeng Budaja2

Kampoeng Boedaja adalah sebuah acara tahunan yang diadakan oleh Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang (UNNES). Kegiatan-kegiatan dalam Kampoeng Boedaja ini antara lain lomba-lomba yang dapat diikuti oleh siswa-siswi SMA/SMK/MA/sederajat dan mahasiswa, penampilan-penampilan seni, dan pada malam puncaknya diisi oleh guest star (bintang tamu).

Lomba-lomba dalam acara Kampoeng Boedaja ini antara lain adalah lomba baca puisi, story telling, dan lomba menyanyi. Setiap lomba dibawakan dalam bahasa asing, yaitu bahasa Perancis, bahasa Arab, dan bahasa Jepang.

Prodi Bahasa dan Sastra Perancis FIB Universitas Brawijaya pastinya turut berpartisipasi dalam acara ini. Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB mengirimkan dua orang delegasinya untuk mengikuti perlombaan-perlombaan ini, yaitu Alif Afrizal dan Wulan Deria. Keduanya merupakan mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Prancis Angkatan Tahun 2017.

Prosedur keikutsertaan perlombaan ini meliputi tahap pertama seleksi online. Pada tahap 1 seleksi online ini, kedua delegasi ini diminta mengunggah video mereka ketika sedang membacakan puisi dalam bahasa Perancis. Setelah kurang lebih 2 minggu semenjak video diunggah ke instagram/youtube, pengumuman peserta yang lolos ke seleksi on stage pun diumumkan oleh panitia Kampoeng Boedaja melalui social media mereka, yaitu instagram. Dari dua orang delegasi Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB tersebut, yang lolos ke tahap on stage adalah Wulan Deria. Dari total keseluruhan, ada 5 peserta lomba baca puisi yang lolos dan wajib mengikuti perlombaan final di FBS UNNES, termasuk delegasi dari Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB, Wulan Deria.

Dengan persiapan secukupnya, delegasi dari Prodi Bahasa dan Sastra Perancis FIB UB, Wulan Deria, berangkat menuju Semarang pada tanggal 24 Oktober 2018 dengan didampingi oleh official dari Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Perancis (HIMA Prodi/CEF). Pada tanggal 25 Oktober 2018, diadakan technical meeting mengenai teknis dan kriteria penilaian. Seleksi tahap kedua on stage dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2018. Seleksi ini dimulai dengan final lomba story telling, kemudian final lomba menyanyi, dan diakhiri final lomba baca puisi.

Wulan Deria selaku peserta final mendapatkan urutan on stage kelima (urutan terakhir). Puisi yang wajib dibawakan oleh semua peserta adalah puisi berjudul Caged Bird karya Maya Angelou. Setelah menunggu 1 jam, akhirnya pengumuman lomba menyatakan bahwa delegasi Prodi Bahasa dan Sastra Prancis Wulan Deria berhasil memperoleh Juara II dalam Lomba Baca Puisi Kampoeng Budaja FBS UNNES 2018. Hasil yang cukup memuaskan, menimbang waktu persiapan yang sangatlah singkat. Semoga Prodi Bahasa dan Sastra Prancis semakin aktif dan berprestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional.