Ditulis pada tanggal 27 Maret 2019, oleh admin, pada kategori Berita

+1DSC_0161-min

+2DSC_0163-min

+3DSC_0204-min

+5DSC_0208-min

 

Prodi Strata 1 Bahasa dan Sastra Prancis Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya telah berdiri sejak tahun 2008 sebagai kelanjutan dari Program Diploma 1 dan Diploma 3 yang telah berdiri sebelumnya. Selama perjalanannya, Prodi ini telah meluluskan banyak sarjana Strata 1 yang saat ini telah bekerja di berbagai institusi di penjuru tanah air. Bidang pekerjaan yang digeluti setelah lulus dari perguruan tinggi merupakan wujud nyata dari profil lulusan sebagaimana yang telah dirancang di dalam kurikulum. Seiring dengan perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan, kurikulum Prodi memerlukan penyesuaian-penyesuaian yang salah satunya diperoleh dengan mempertimbangkan umpan balik dari para alumni.

Untuk mendapatkan umpan balik dari para alumni tersebut, Rabu 27 Maret 2019, Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB mengadakan “Temu Alumni Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB 2019” guna berbagi pengamalan dan berdiskusi dengan para staf pengajar serta para mahasiswa yang masih kuliah saat ini. Temu Alumni yang diadakan di Ruang Rapat FIB UB lantai 6 ini dihadiri oleh 4 orang alumni Prodi Bahasa dan Sastra Prancis, seluruh staf pengajar Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB, dan 15 orang perwakilan mahasiswa Prodi yang saat ini masih aktif kuliah di semester tingkat akhir.

Tujuan diadakannya temu alumni ini adalah untuk mempertemukan para alumni dengan para mahasiswa agar mereka dapat berbagi informasi dan pengalaman, serta dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa yang saat ini masih aktif kuliah. Selain itu, temu alumni ini juga bertujuan untuk mempertemukan para alumni dengan staf pengajar di Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB agar dapat menggali informasi dan pengalaman mereka sebagai bahan untuk peninjauan dan evaluasi kurikulum.

Temu Alumni Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB 2019 ini dibuka oleh Dekan FIB UB Bapak Prof. Agus Suman, S.E., DEA. pada pukul 12.30 WIB. Sambutan kedua dilanjutkan oleh Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB, yaitu Ibu Rosana Hariyanti, M.A. Acara selanjutnya adalah pemaparan dari para alumni tentang pengalaman mereka selama mengikuti perkuliahan, usaha mencari pekerjaan, dan pengalaman saat terjun di dunia kerja. Pemaparan alumni dimulai dari Jennifer Handayani Satya, S.S, lalu Rungu Puput Herlambang, S.S, dilanjutkan Sandi Joko Lelono, S.S., kemudian Galuh Perdana Putra, S.S. Para alumni tersebut berbagi pengalaman ketika mereka dulu menjalani dunia perkuliahan, perjuangan mencari pekerjaan, serta pengalaman suka duka ketika terjun di dunia kerja.

Sesi selanjutnya adalah diskusi antara para alumni, pengajar Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB, serta perwakilan mahasiswa. Para pengajar Prodi serta perwakilan mahasiswa mengajukan beberapa pertanyaan kepada para alumni tersebut berkaitan dengan pengalaman mereka baik saat kuliah, usaha mencari kerja, maupun suka duka saat terjun di dunia kerja. Diskusi berjalan dengan cukup meriah dan memberikan banyak wawasan tambahan bagi semua pihak.

Temu alumni ini ditutup sekitar pukul 15.15 oleh Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB Ibu Rosana Hariyanti, M.A. Ibu Rosana Hariyanti, M.A. berharap dengan adanya temu alumni ini dapat meningkatkan kerja sama antara Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB dengan para alumni, baik mengenai informasi pekerjaan, informasi kebutuhan kerja, dan lain-lain. Dengan adanya temu alumni ini juga bermanfaat untuk menyediakan informasi tentang profil alumni dan informasi langsung dari alumni terkait dengan kesesuaian kurikulum dengan bidang pekerjaan yang mereka geluti. Informasi-informasi ini akan berguna dalam evaluasi kurikulum. Semoga kerja sama antara Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB dengan para alumni semakin kuat dan dapat saling membantu dalam berbagai hal, baik dalam bidang pendidikan, pekerjaan, kerja sama sosial budaya, dan lain-lain. (Ri)