Ditulis pada tanggal 24 September 2018, oleh admin, pada kategori Berita

cf1

 

cf2

 

cf4

 

Pada hari Kamis, 20 September 2018, Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB kedatangan tamu dari IFI Surabaya. Tamu dari IFI Surabaya ini adalah Monsieur Benoît Bavouset (Direktur IFI Surabaya), Monsieur Eri Susanto (Penanggung Jawab Pengajaran IFI Surabaya), dan Madame Astrini Simanjuntak (Penanggung Jawab Campus France IFI Surabaya). Beliau-beliau berkunjung ke Prodi Bahasa dan Sastra Prancis untuk bersilaturahmi menjalin kerja sama sekaligus mensosialisasikan Campus France kepada Mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB.

Campus France merupakan badan nasional untuk mempromosikan Pendidikan Tinggi Prancis di luar negeri. Tamu dari IFI Surabaya ini tiba di FIB UB sekitar pukul 10.30 WIB dan diterima oleh Bapak Dekan FIB UB Prof. Dr. Agus Suman, S.E, DEA serta Kaprodi Bahasa dan Sastra Prancis Ibu Rosana Hariyanti, M.A.

Acara dilanjutkan sosialisasi Campus France oleh Madame Astrini Simanjuntak sekitar pukul 11.00 WIB sampai dengan pukul 12.45 WIB. Presentator pertama menjelaskan tentang bagaimana sistem perkuliahan di Prancis beserta biaya yang harus dikeluarkan. Mulai dari sistem kredit (ECTS), BTS= 2 tahun (120 sks), Liscence (Strata 1)= 3 tahun (180 sks) dengan biaya 184 €/ tahun, Master (Strata 2)= 2 tahun dengan biaya 256€/ tahun, Doktoral (Strata 3)= 3-6 tahun dengan biaya 391€/ tahun. Beliau juga menjelaskan syarat-syarat menjadi mahasiswa Prancis, syarat mengajukan beasiswa melalui Campus France, serta menjelaskan beberapa keuntungan menjadi mahasiswa di Prancis. Banyak keuntungan yang didapatkan sebagai mahasiswa Prancis, seperti diperbolehkan kerja paruh waktu kurang dari 20 jam dalam seminggu, banyak mendapat diskon untuk fasilitas umum, dan lain-lain.

Beliau juga menjelaskan tentang perbedaan dan persamaan antara Universitaire dan Grande Ecole dengan sistem pendidikan di Indonesia. Grande Ecole Prancis merupakan sekolah bisnis swasta yang terkenal dan mahal. Namun, kualitas lulusan S1 sekolah ini setara dengan S2 di Indonesia. Mahasiswa di Prancis sama-sama membutuhkan kelas persiapan untuk masuk Universitaire maupun Grande Ecole.

Pesentator kedua adalah Monsieur Eri Susanto, Penanggung Jawab Pengajaran IFI Surabaya. Beliau memaparkan mengenai ujian bahasa Prancis internasional DELF. Beliau menjelaskan mengenai tingkatan ujian DELF, keunggulan belajar bahasa Prancis, budaya Prancis, tempat wisata, dan kuliner Prancis. Pada slide terakhir beliau menunjukkan beberapa foto para mahasiswa yang berhasil kuliah di Prancis.

Presentator ketiga adalah Monsieur Benoît Bavouset, Direktur IFI Surabaya. Beliau menjelaskan tentang Universitas Clermont-Ferrand. Beliau memutarkan video pendek mengenai universitas tersebut, budaya dan tempat wisatanya. Salah satu mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Prancis peserta sosialisasi ini, Nur Hanifah Wicaksono, menyatakan bahwa sosialisasi Campus France ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Prancis maupun mahasiswa jurusan lain yang ingin melanjutkan studi ke luar negri khususnya ke Prancis. Sosialisasi ini dapat memberi gambaran dan bekal mengenai cara mendaftar beasiswa, langkah-langkah, persyaratan, serta keuntungan studi di luar negri khususnya di Prancis, serta kehidupan sosial dan pendidikan di Prancis.