Penjaminan mutu di lingkungan Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis telah dilakukan oleh Unit Jaminan Mutu (UJM) dalam kegiatan audit internal mutu akademik (AIMA) yang dilaksanakan oleh Pusat Jaminan Mutu (PJM) Universitas Brawijaya pada Batch I dan II pada tahun 2009, 2010, dan 2011. Kegiatan UJM meliputi pembenahan dan pengembangan dokumen- dokumen akademik. Dokumen tersebut antara lain berupa spesifikasi program studi, kompetensi lulusan, Manual Prosedur, Instruksi kerja, serta borang pendukung seperti daftar hadir rapat program studi, dan borang notulensi rapat. Penyusunan dokumen tersebut diharapkan akan memperlancar kegiatan akademik di lingkungan prodi dan bisa menjadi arahan dalam setiap kegiatan akademik agar efektif dan efisien.
Pelaksanaan penjaminan mutu akademik adalah sebagai berikut :
(1) Kurikulum dan Silabus
Program Studi bersama dengan fakultas melakukan peninjauan kurikulum minimal setiap 4 tahun sekali. Rancangan kurikulum harus memperhatikan : panduan penyusunan kurikulum, visi dan misi universitas, misi fakultas, serta kompetensi lulusan program studi. Hasil Rancangan Kurikulum tersebut selanjutnya ditindaklanjuti dengan diadakannya lokakarya. Lokakarya tersebut menjadi media dialog bersama para pemangku kepentingan, antara lain dengan alumni dan industri (pengguna lulusan). Untuk mengimplementasikan hasil Rancangan kurikulum tersebut, setiap staf pengajar ditugaskan untuk mengampu mata kuliah sesuai dengan bidang keahlian masing-masing dan menyusun silabus.
(2) Ujian
Ketua Program Studi akan meminta para pengajar atau tim pengajar setiap mata kuliah untuk membuat soal ujian. Untuk kelas paralel, soal ujian dikoordinasikan oleh koordinator tim. Soal tersebut disesuaikan dengan RKPS dan selanjutnya diserahkan ke Bagian Akademik.
(3) Skripsi
Mahasiswa memprogramkan skripsi melalui KRS dan dapat mengajukan maksimal 3 (tiga) judul rencana penelitian. Judul yang telah dipilih dan disetujui oleh dosen pembimbing akan ditindaklanjuti dengan penyusunan proposal. Dosen pembimbing skripsi ditentukan berdasarkan bidang keahlian masing-masing. Proses pembimbingan didokumentasikan dalam Buku Kendali dan catatan pembimbingan.
Langkah penyusunan skripsi adalah sebagai berikut : seminar proposal, seminar hasil, dan ujian skripsi. Seminar proposal dan seminar hasil wajib dihadiri oleh minimal 20 orang mahasiswa sebagai peserta. Tata cara penyusunan skripsi ini telah diatur di dalam Pedoman Penulisan Skripsi.
Ketika mahasiswa telah selesai menyusun skripsi dan siap untuk diuji, mahasiswa diwajibkan mendaftarkan diri untuk ujian ke Bagian Akademik. Apabila jadwal ujian sudah ditentukan oleh Bagian Akademik, langkah selanjutnya adalah penentuan dosen penguji oleh Ketua Program Studi.
(4) Penjaminan Mutu PBM
a. Internal
• Penjaminan mutu prodi secara internal dilakukan melalui Audit Internal Mutu (AIM) oleh pihak universitas (Pusat Jaminan Mutu/PJM). Auditor yang ditugaskan untuk memeriksa mutu PBM akan menginventarisasi berbagai temuan yang selanjutnya ditindaklanjuti dengan tindakan koreksi oleh pihak prodi.
• Di tingkat fakultas, evaluasi PBM dilakukan dengan cara memberikan kuesioner kepada mahasiswa untuk menilai kinerja dosen pengampu mata kuliah. Hasil kuesioner tersebut kemudian diberikan kepada setiap dosen sebagai salah satu pedoman untuk meningkatkan kualitas PBM di semester berikutnya.

b. Eksternal
Penjaminan mutu PBM dari pihak luar prodi dilaksanakan dalam bentuk pemeriksaan oleh BAN PT yang bertujuan untuk menjaga akuntabilitas prodi terhadap para pemangku kepentingan. Bentuk pemeriksaan tersebut antara lain berupa audit internal setiap semester, sertifikasi dosen, dan akreditasi. Sementara itu, untuk menjamin mutu proses pendidikan, pada tahun 2011 Universitas Brawijaya telah dievaluasi oleh Badan Standar Mutu Internasional SGS dan memperoleh sertifikat Manajemen Mutu ISO 9001:2008.