Menjadi Program Studi berstandar internasional yang mampu menghasilkan lulusan yang berbudaya nasional, berwawasan global dan memiliki jiwa entrepreneurial.

Visi ini mempunyai makna, yaitu:
1. Berstandar internasional dalam arti dosen dan mahasiswa telah mencapai level kompetensi internasional dalam bahasa Prancis (DELF – untuk dosen minimal B2 dan untuk lulusan minimal B1), ketersediaan penutur asli secara kontinyu sebagai tenaga pengajar dan menghasilkan karya ilmiah yang dapat dipublikasikan di tingkat internasional.
2. Berbudaya nasional dalam arti menghargai dan menjujung tinggi kearifan lokal dan budaya nasional seperti yang tercermin dalam mata kuliah Bahasa Indonesia, Manusia dan Kebudayaan Indonesia, serta Pendidikan Kewarganegaraan.
3. Berwawasan global dalam arti mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional, terutama dengan institusi pendidikan tinggi lain yang memiliki prodi Bahasa dan Sastra Prancis.
4. Entrepreneurial dalam arti menghasilkan lulusan yang tidak hanya bekerja kepada pihak lain namun juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

Sesuai dengan Visi yang telah ditetapkan maka Misi Program Studi disusun sebagai berikut :
1. Menyelenggarakan proses pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang menguasai bahasa, sastra dan budaya Prancis.
2. Mengembangkan penelitian dalam bidang bahasa, sastra dan budaya Prancis.
3. Mengkomunikasikan dan mengaplikasikan hasil penelitian kepada masyarakat.

Motto
« Responsif, Berkualitas dan Bertanggung jawab »

Maklumat Pelayanan
“Kami dosen Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya, dengan ini menyatakan dengan sungguh-sungguh, bahwa kami akan melaksanakan tugas dan kewajiban pelayanan dengan profesional, penuh dedikasi iklas, jujur, bermoral dan akuntabel”