Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis merupakan salah satu program studi yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya, yang didirikan pada tahun 2007 berdasarkan SK DIKTI No 4017/D/T/2007 tertanggal 29 November 2007. Prodi Bahasa dan Sastra Prancis beralamat di Jl. Veteran, Malang dengan nomor telepon 0341-575822 dan nomor faksimili 0341-575822.

Dalam aktivitas penyelenggaraan pendidikan, pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat, Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis telah menetapkan visi, misi, tujuan dan sasaran serta strategi pencapaian yang terangkum sebagai berikut:

Visi: Menjadi Program Studi berstandar internasional yang mampu menghasilkan lulusan yang berbudaya nasional, berwawasan global dan memiliki jiwa entrepreneurial.

Misi:
• Menyelenggarakan proses pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang menguasai bahasa, sastra dan budaya Prancis.
• Mengembangkan penelitian dalam bidang bahasa, sastra dan budaya Prancis.
• Mengkomunikasikan dan mengaplikasikan hasil penelitian kepada masyarakat.

Dalam rangka mencapai visi, misi, dan tujuan serta sasaran, Program Studi S-1 Bahasa dan Sastra Prancis FIB-UB menerapkan kebijakan dari tingkat Universitas dan fakultas yang meliputi: Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu berdasarkan ISO 1900-2008, tracer study, publikasi karya ilmiah dosen di jurnal internasional, evaluasi kinerja dosen oleh mahasiswa dan promosi untuk meningkatkan minat calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis. Pencapaian visi, isi, tujuan dan sasaran tersebut diproyeksikan akan diperoleh dalam jangka waktu 15 tahun dengan pembagian tahapan sebagai berikut:
1. Tahap 1 meliputi peningktan sumber daya staf pengajar dan peningkatan sarana dan prasarana dengan tetap mengikuti perkembangan teaching quality dan research quality yang telah ditetapkan oleh universitas.
2. Tahap 2 meliputi melanjutkan program teaching quality dan research quality dengan mengutamakan pengembangan laboratorium dan international networking baik untuk pengembangan staf maupun untuk pengembangan pendidikan.
3. Tahap 3 meliputi penjajakan untuk menjadi prodi internasional yang telah siap sehingga pada akhir tahap ke-3 ini Prodi Bahasa dan Sastra Prancis telah melakukan program secara internasional.