Ditulis pada tanggal 4 April 2019, oleh hima Bastraprancis, pada kategori Berita, Kegiatan

cef 1 perancis cef 2 perancis

Bonjour à tous !

Pada hari Kamis, 31 Januari 2019 dan Sabtu 2 Februari 2019 telah diselenggarakan acara Pendidikan dan Latihan bagi pengurus baru CÉF periode tahun 2019-2020.  Tujuan dari diadakannya Pendidikan dan Latihan ini, yaitu untuk pembekalan ilmu tentang keorganisasian. Acara ini mengusung beberapa tema antara lain kepemimpinan, manajemen konflik, kesekretariatan, sejarah FIB, serta etika bertetangga yang merupakan pokok penting dalam suatu oraganisasi.

Bertempat diruang 2.7 FIB Gedung B, acara pada hari pertama (31 Januari) dimulai pada pukul 18.30 sampai dengan pukul 21.00 WIB. Dibuka oleh Gazarasta Malibu sebagai Ketua Himpunan CÉF periode 2019-2020, acara ini menghadirkan Putra Resza Arahman yang membawakan materi tentang ‘Pemimpin & Kepemimpinan’ yang berisikan tentang sifat – sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Menurutnya, pemimpin harus visioner yang berarti seorang pemimpin harus tahu apa yang akan ia lakukan untuk kedepannya dan non-individualism, yang berarti seorang pemimpin harus bisa membawa tim yang ia pimpin menuju kesuksesan bersama. Selain itu, Putra juga menjelaskan prinsip yang harus dimiliki oleh pemimpin yaitu, seorang pemimpin harus berani mengambil keputusan.

Kemudian, materi kedua disampaikan oleh Din Masyruhin dengan tema materi ‘Manajemen Konflik’, yang berupa penjelasan tentang konflik secara umum, tingkatan dalam konflik, sebab – sebab konflik serta penyelesaian konflik. Setelah sesi tanya jawab, acara kemudian dilanjutkan dengan pembentukan forum diskusi dimana setiap Staf CÉF dibentuk menjadi 3 kelompok. Kelompok – kelompok ini diminta untuk berdiskusi dengan cara diberi satu permasalahan yang kemungkinan muncul dalam berorganisasi dan masing – masing dari kelompok diminta mencari penyelesaian masalah tersebut. Hasil dari diskusi kelompok tersebut dibahas bersama dihadapan para peserta dan juri yang terdiri dari Ketua dan Wakil Ketua CÉF beserta kedua pembicara dimana mereka dapat memberi pertanyaan kepada setiap kelompok tentang penyelesaian dari permasalahan tersebut. Lebih lanjut lagi, kelompok lain juga dapat memberikan tanggapan dalam sesi diskusi ini.

Pada hari kedua, yaitu Sabtu 2 Februari 2019, acara dilaksanakan di gedung FIB B ruang 2.7 pada pukul 07.00 sampai dengan pukul 10.00 WIB. Pemateri pada sesi kali ini adalah pengurus CÉF itu sendiri yakni, Nur Hanifah W. dengan tema materi ‘Kesekretariatan’ dimana pemateri menjelaskan surat – surat penting yang berkaitan dengan kepengurusan CÉF, struktur penulisan surat dan cara penulisan proposal yang baik dan benar. Materi selanjutnya dibawakan oleh M. Naufal Diandi dengan tema ‘Sejarah FIB’. Dalam sesi ini, dijelaskan tentang sejarah berdirinya FIB UB –yang awal mulanya merupakan lab. bahasa Inggris pada tahun 1973– sampai sejarah berdirinya berbagai prodi yang dimiliki oleh Fakultas Ilmu Budaya. Pemateri juga menjelaskan tentang LKM – LKM yang ada di FIB. Diharapkan dengan diselenggarakannya acara ini, para pengurus baru dapat melaksanakan tugasnya dengan lebih baik dan bertanggung jawab.