Ditulis pada tanggal 26 Januari 2015, oleh admin, pada kategori Berita, Pengumuman

 

DELFDALFMaret

Pada Maret 2015 akan dilaksanakan kembali ujian internasional DELF/DALF. Ujian yang mengacu kepada CECRL (Kerangka Acuan Bersama Eropa Untuk Bahasa) ini memungkinkan Anda untuk mengukur kemampuan bahasa Prancis Anda. Ijazah DELF-DALF dikeluarkan secara resmi oleh Kementerian Pendidikan Nasional Prancis dan digunakan juga oleh Kementerian Luar Negeri Prancis dalam bidang pendidikan. Di Indonesia, ujian DELF-DALF dilaksanakan sebanyak 3 kali dalam setahun pada Maret, Juni dan November, dan hanya diselenggarakan oleh institusi khusus yang berwenang, yaitu Institut Français d’Indonésie (IFI) dan Alliance Fançaise (AF).

DELF (“Diplôme d’Etude en Langue Française” atau “Diploma Bahasa Prancis”) dan DALF (“Diplôme Approfondi en Langue Française” atau “Diploma Tingkat Lanjutan Bahasa Prancis)” dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional Prancis sejak tahun 1985.

Sejak tanggal 1 September 2005, bentuk diploma ini disesuaikan dengan Kerangka Umum Acuan Eropa (CECR) untuk Bahasa yang dibuat oleh Dewan Eropa. Diploma DELF dan DALF untuk selanjutnya terbagi menjadi 6 diploma terpisah sesuai dengan 6 tingkat yang ditentukan oleh Kerangka Umum Acuan Eropa untuk Bahasa.

Ijazah-ijazah tersebut berlaku seumur hidup dan diakui tidak hanya di Perancis, tetapi juga di Eropa dan di seluruh dunia. Ijazah DELF/DALF memberikan nilai tambah dalam pencarian pekerjaan dan mempermudah akses ke perguruan tinggi di Perancis. Tingkat DALF merupakan tingkat kemampuan berbahasa Prancis yang diperlukan untuk kuliah di Prancis.

Di Malang, pendaftaran untuk ujian ini dapat dilakukan di Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis. Klik disini untuk informasi lengkap!

 

Ref: ifi-id.com, afbali.org