Ditulis pada tanggal 30 Juli 2018, oleh admin, pada kategori Berita

penmas sanan 2018-4

penmas sanan 2018-1

Kampung Sanan merupakan sentra industri keripik tempe di Kota Malang. Kampung Sanan juga menjadi salah satu kampung tematik dan destinasi wisata kuliner khas Malang. Sekitar 500 warga mendiami Sanan dan telah menjadi tradisi turun-menurun dalam bisnis memproduksi dan mengolah tempe. Beberapa produk olahan tempe yang biasa ditemukan adalah keripik tempe, stik tempe, burger tempe, dan masih banyak lagi.

Untuk menunjang promosi dan meningkatkan eksistensinya sebagai sentral industri tempe kepada masyarakat luas, Kampung Sanan membuat sebuah  laman www.sanantempe.com  dan didalam laman tersebut, terdapat beberapa artikel dan foto-foto produk olahan tempe khas Sanan.

Pada hari Senin 23 Juli 2018 lalu, Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis datang ke kampung Sanan sebagai bentuk kerjasama dengan warga Kampung Sanan. Bentuk kerjasama ini adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan adanya pelatihan fotografi jurnalistik bagi warga RW XV Kampung Sanan. Berdasarkan pengamatan terhadap laman www.sanantempe.com, diperoleh gambaran bahwa tampilan visual berupa foto yang telah diunggah masih memerlukan perbaikan secara kualitas. Bukan karena perangkat fotografi yang digunakan tetapi lebih ke keterampilan untuk memotret agar gambar lebih atraktif.

Acara pelatihan fotografi jurnalistik ini diikuti oleh 20 orang dimulai pada pukul 19.00 yang bertempat di Koperasi Bangkit Usaha, Jl. Sanan no.42 Malang. Acara dibuka dengan sambutan oleh Madame Rosana Hariyanti, M.A sebagai Kaprodi dan Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Bahasa dan Sastra Perancis: Fotografi Jurnalistik sebagai Upaya Optimalisasi Laman www.sanantempe.com kemudian dilanjutkan sambutan oleh Bapak Ketua RW XV dan dilanjutkan dengan penyampaian materi yang berjudul Trik Fotografi dengan Menggunakan Handphone. Tim mengundang  2 pemateri profesional yaitu Bapak Suharto dari Radar Malang dan Bapak Nedi Putra dari The Jakarta Post. Mereka tergabung dalam organisasi Pewarta Foto Indonesia (FPI) Kota Malang.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan  dapat memberikan manfaat bagi pihak Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya yaitu tersedianya kesempatan untuk menerapkan ilmu pengetahuan di masyarakat. Selain itu, kegiatan ini akan berdampak positif juga bagi pihak Kampung Sanan yaitu berfungsinya laman www.sanantempe.com yang lebih optimal.