Ditulis pada tanggal 1 Mei 2018, oleh admin, pada kategori Berita

parfait1b

parfait4b

parfait5b

parfait2a

parfait3b

Parfait merupakan sebuah program kerja dari Dept. Minat dan Bakat CEF (Himpunan Mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB Universitas Brawijaya) yang mementaskan pertunjukkan seni di malam hari dalam 4 bidang, yaitu: teater, vokal, musik, dan tari. Dikemas dalam sebuah pertunjukkan teater musikal yang diadaptasi dari film Les Misérables, Parfait tahun ini memakan waktu persiapan selama kurang lebih 3 bulan.

Acara Parfait diselenggarakan dengan tujuan sebagai bentuk eksistensi sekaligus menjadi wadah pengembangan diri mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB khususnya dalam bidang seni dan bahasa Prancis. Oleh karena itu, Parfait tahun ini diproduksi dan ditampilkan oleh mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB secara utuh dan menyeluruh.

Parfait 2018 ini diselenggarakan pada hari Jumat 27 April 2018 pukul 19.00 WIB dengan mengangkat tema La Révolution Française. Acara diawali dengan sambutan Ketua Pelaksana yaitu Sidra Salsabila, sambutan Ketua Himpunan CEF yaitu Syifa Shara, kemudian sambutan Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB yaitu Ibu Rosana Hariyanti, M.A. Acara dilanjutkan dengan penampilan dari homeband-homeband FIB, yaitu: Rendang Band, dan Antrokustik. Setelah itu, acara memasuki pertunjukan utamanya, yaitu teater musikal  Les Misérables yang dipersembahkan oleh Divisi Seni CEF selama kurang lebih 1 jam.

Tema Parfait 2018 La Révolution Française diangkat dengan tujuan merefleksikan semangat juang kaum muda khususnya mahasiswa untuk menjadi lebih kritis terhadap fenomena sosial. Les Misérables sendiri bercerita tentang perjuangan akademisi Prancis pada revolusi Prancis abad 19 yang berusaha meruntuhkan sistem kekuasaan monarki absolut di Paris, Prancis. Hal yang menarik dari Les Misérables ini adalah bagaimana tokoh utama dihadapkan pada sebuah pilihan menyangkut tentang kepentingan kelompok atau pribadinya.

Parfait tahun ini dikemas berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada konsep pertunjukkannya yang merupakan teater musikal dan tempat penyelenggaraannya di Teras Budaya FIB A. Perbedaan tersebut disambut baik oleh para penonton yang juga lebih beragam dari pada tahun-tahun sebelumnya. Penyampaian maksud cerita yang ditampilkan juga dapat lebih dimengerti dengan baik oleh penonton karena para pemain yang lebih ekspresif serta didukung konsep teater musikal tersebut. Ketua Pelaksana Parfait 2018, Sidra Salsabila, menyatakan bahwa acara Parfait ini sangat penting dan bermanfaat khususnya bagi mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB sebagai wadah untuk menunjukkan eksistensi bakatnya terutama di bidang seni dan bahasa Prancis. Sidra juga menyatakan bahwa Parfait tahun ini terlihat lebih ramai dan sukses dari tahun-tahun sebelumnya dengan banyaknya penonton dari FIB serta fakultas-fakultas lain.

Acara ditutup dengan pengenalan pemeran teater musikal, sutradara, komposer, koreografer dan tim produksi. Kemudian acara diakhiri dengan menyanyikan lagu Jet Lag bersama-sama dengan penonton. Semoga acara Parfait ini semakin memotivasi mahasiswa pada umumnya dan mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB pada khususnya untuk selalu maju dan berkarya.