Ditulis pada tanggal 28 September 2020, oleh admin, pada kategori Berita

Loka1

Sebagai bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat, salah satu tim PS Bahasa dan Sastra Prancis yang diketuai oleh Siti Khusnul Khotimah, M.A. mengadakan lokakarya bagi para pengajar Bahasa Prancis di Jawa Timur yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Prancis. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 juli 2020 dan 3 Agustus 2020. Kedua kegiatan tersebut dilakukan secara daring melalui platform Zoom Meeting akibat pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan bagi seluruh peserta untuk bertatap muka secara langsung.

Program ini disusun berbasis pada hasil dengar pendapat dan masukan dari MGMP yang antara lain menyampaikan adanya kebutuhan mengenai metode dan media pembelajaran Bahasa Prancis yang efektif dan menarik bagi siswa SMA, terutama di masa Pandemi Covid-19. Oleh karena itu, ditetapkanlah bahwa tujuan kegiatan ini adalah (1) meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan metode dan media pembelajaran berbasis aplikasi yang menarik dan dapat meningkatkan semangat siswa dalam belajar Bahasa Prancis, (2) memaksimalkan waktu pembelajaran bahasa Prancis dengan efektif dan efisien melalui media ajar yang tepat, terutama di masa Pandemi Covid-19 yang mengharuskan siswa belajar dari rumah, (3) memanfaatkan minat siswa pada media permainan berbasis aplikasi sebagai basis untuk pengembangan media ajar bahasa Prancis.

Dalam kegiatan pertama,  13 orang peserta yang terdiri atas guru SMA dan pengajar kursus Bahasa Prancis mengikuti pemaparan materi yang disampaikan oleh Eri Susanto, M.Hum. Pemateri memberikan gambaran mengenai berbagai platform permainan daring yang bisa dimanfaatkan oleh pengajar sesuai dengan kebutuhan, tingkat kemahiran berbahasa Prancis, serta daya tarik yang dimiliki. Peserta juga diajak untuk praktik bersama agar lebih mengenal kelebihan setiap platform tersebut. Pada akhir pertemuan, peserta diminta untuk menyusun sebuah permainan daring yang dikompetisikan.

Delapan orang peserta mengikuti kompetisi dengan dewan juri yang terdiri atas Eri Susanto, M.Hum., Intan Dewi Savitri, M.Hum., dan Rosana Hariyanti, M.A. Keluar sebagai pemenang pertama adalah Galuh Perdana Putra (pengajar IFI Surabaya), disusul oleh Rahmah Dwi Nor Wita (guru SMAN 5), dan Anna Rakhmawati (pengajar kursus) di posisi ke tiga. Seluruh peserta kompetisi mendapatkan apresiasi dari Tim PKM atas partisipasi dan usaha yang telah dilakukan.

loka3 loka2Permainan daring karya peserta lokakarya

 Kegiatan ini juga dibantu oleh empat orang mahasiswa PS Bahasa dan Sastra Prancis sebagai anggota tim. Mereka adalah Dynand Saifanza, Suthan Malik Hamonangan, Syafinaz Amalia, dan Luthfiyah Paramitha. Baik peserta maupun anggota tim memetik manfaat besar dari lokakarya ini sebagai pengayaan materi dan metode pengajaran daring.  Hal ini sangat dibutuhkan sehingga meski pandemi masih berlangsung, namun proses belajar-mengajar Bahasa Prancis tetap dapat berlangsung dengan menarik.