Ditulis pada tanggal 24 Mei 2015, oleh admin, pada kategori Berita, Kegiatan

CD1HcqSVIAAAzdl.jpg large

Tanggal 27-30 April lalu, sebanyak 15 delegasi dari Universitas Brawijaya yang diwakilkan oleh para mahasiswa dari Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis, berangkat ke bandung untuk mengikuti lomba nasional La Semaine Française tingkat mahasiswa. Acara tersebut diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Ini merupakan lomba nasional terbesar dalam bidang bahasa Prancis, dan juga untuk pertama kalinya Universitas Brawijaya berpartisipasi dalam lomba tersebut. Ada beberapa lomba yang diikuti, diantaranya adalah baca berita, deklamasi puisi, presentasi, pidato, debat dan vokal grup. Tiba saatnya pada hari perlombaan.

CDlfxqPUkAA8DF0

Pada hari pertama, lomba yang diselenggarakan adalah lomba deklamasi puisi, baca berita, dan vokal grup. Deklamasi puisi yang diwakilkan oleh Rendy Kusuma dan Firda Nurrohmah berhasil berjalan dengan lancar. Demikian pula dengan lomba baca berita yang diwakilkan oleh Diah Kurniadewi dan Novita Ulfianti juga berjalan dengan lancar, meskipun keduanya sempat nerves setelah melihat beberapa kontestan yang dapat dibilang memiliki kemampuan diatas rata-rata. Setelah itu, lomba vokal grup berlangsung. Tim dari Universitas Brawijaya yang diwakili oleh Maria, Ahmad Setiawan, Leo Candra, Diah Ayu, Gita Felicia, dan juga pemusik Sulh Mubarak, berhasil melewati lomba tersebut dengan lancar.

CDqTFjuUkAA_bV7

Pada hari kedua, lomba yang diselenggarakan adalah lomba pidato, debat, dan presentasi. Pidato yang diwakili oleh Rungu Puput Herlambang dan Firda Nurrohmah sangat memukau juri dan penonton. Mereka berhasil membawa suasana ruang perlombaan dengan pidato yang disampaikanya. Kemudian lomba selanjutnya adalah lomba debat. Tim dari UB yaitu Nur Aida Ikrima, Endang Puji Lestari, dan Sapriyansyah berjalan dengan baik. Pada babak semifinal mereka berhadapan tim dari UNJ B. Dan berhasil memenangkan dan berhadapan dengan tim UNJ A yang sebelumnya mereka berhasil mengalahkan tim tuan rumah yaitu UPI. Di babak final perdebatan sangat seru. Sangat terlihat skill debat dari kedua tim sangatlah baik. Dan seanjutnya adalah lomba terakhir yang diikuti oleh UB yaitu presentasi. Lomba yang diwakili oleh Abdurrahman Lantip ini juga tak kalah seru. Beberapa peserta menunjukkan keunikannya dalam berpresentasi. Namun sayang, pada saat penayangan presentasi sempat terjadi kesalahan teknis dari panitia yang mengakibatkan presentasi dari perwakilan UB berjalan kurang mulus. Akan tetapi presentasi tetap berlangsung dan antusias dari penonton sangat luar biasa melihat materi dan cara penyampaian dari Abdurrahman Lantip yang sangat lancar serta dapat membawa suasana. Hari terakhir La Semaine Francaise.
Saatnya pengumuman hasil lomba. Alhamdulillah tim dari UB memenangkan beberapa lomba. Diantaranya adalah juara 1 lomba vokal grup, juara 1 debat, juara 1 pidato (Firda), juara 2 pidato (Rungu), juara 2 deklamasi puisi (Firda). Untuk lomba baca berita dan presentasi masih belum berhasil merebut juara. Dengan demikian, tim UB membawa pulang lima buah piala dan penghargaan sebagai juara umum dalam lomba nasional La Semaine Française UPI 2015.