Ditulis pada tanggal 15 November 2018, oleh admin, pada kategori Berita

EP2++

EP3++-min

EP4++

 

EP5++

 

EP7++

 

EP8++

EP9++

 

 

Etika Profesi merupakan salah satu mata kuliah di dalam kurikulum Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis FIB Universitas Brawijaya yang bertujuan memberikan dasar pengetahuan kepada mahasiswa mengenai etika-etika yang ada di dalam dunia kerja serta mengasah kemampuan verbal mahasiswa untuk mempersiapkan diri terhadap profesinya nanti. Dalam rangka meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai dunia kerja setelah lulus dari bangku perkuliahan, maka tahun 2018 ini Prodi Bahasa dan Sastra Prancis khususnya kelas mata kuliah Etika Profesi mengadakan Kuliah Tamu Etika Profesi yang diadakan pada hari Senin 12 November 2018 di Aula Gedung A FIB Universitas Brawijaya.

Kuliah Tamu Etika Profesi ini bertujuan memperluas wawasan mahasiswa mengenai industri kreatif, khususnya video mapping, termasuk di dalamnya etika profesi seorang video jockey (VJ), keterampilan yang harus dimiliki, permasalahan yang dihadapi, serta peran dan peluangnya di masa kini dan masa yang akan datang. Kuliah Tamu Etika Profesi kali ini mendatangkan 2 orang pembicara, yaitu Ibu Rosana Hariyanti, M.A. selaku Kaprodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB serta Monsieur Raphael Donny DP, S.S. alumni Sastra Prancis UGM yang berprofesi di bidang Kesenian dan Visual, dimana profesi tersebut tidak terpaku pada tempat dan waktu kerja (dapat dikerjakan di rumah dengan mengandalkan kedisiplinan waktu sesuai deadline pekerjaan).

Kuliah tamu kali ini dihadiri oleh Kaprodi Bahasa dan Sastra Prancis, dosen pengampu mata kuliah Etika Profesi, pembicara kuliah tamu, dosen Prodi Bahasa dan Sastra Prancis, serta seluruh mahasiswa semester VII Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB. Pembicara pertama yaitu Ibu Rosana Hariyanti, M.A. selaku Kaprodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB. Selain berprofesi sebagai dosen, beliau juga berprofesi sebagai penerjemah buku cerita anak dan pernah tergabung dalam kelompok penerjemah buku cerita anak. Di sini beliau memaparkan etika profesi sebagai penerjemah buku dan penerjemah dalam bidang seni teater. Beliau menyatakan bahwa menjadi seorang penerjemah membutuhkan modal dan kompetensi dasar untuk dapat menerjemahkan buku dari bahasa sumber ke bahasa sasaran. Selain itu, dalam profesi ini, beliau juga dituntut untuk detail dalam mengartikan sebuah kata dan makna agar pembaca tidak salah memahami isinya.

Pembicara kuliah tamu yang ke dua yaitu Monsieur Raphael Donny, DP, S.S. alumni Sastra Prancis UGM yang saat ini berprofesi menjadi Video Jockey (VJ). Monsieur Raphael Donny DP, S.S. menjelaskan bahwa beliau mulai merintis karirnya sebagai VJ pada tahun 2007, yaitu bermula dari keterampilannya yang pandai mengolah video dengan baik dan berkonsep. Saat itu, karya beliau dilirik oleh seorang manager sebuah club di Yogyakarta dan berkembang hingga saat ini. Beliau telah mengikuti kurang lebih 27 proyek di berbagai event ternama seperti ASIAN GAMES 2018. Menurut beliau, lulusan Sastra Prancis bukan berarti hanya bisa menjadi seorang sastrawan, tentunya banyak sekali peluang pekerjaan yang dapat digeluti sesuai dengan minat dan bakat. Mahasiswa harus dapat memanfaatkan ilmu-ilmu yang diperoleh selama belajar bahasa atau sastra Prancis. Hal ini seperti pengalamannya pada saat mengikuti lomba membuat video mapping mewakili Indonesia dalam kompetisi pembuatan video mapping internasional di Ukraine. Beliau membuat konsep serta ide dengan cara mengapresiasikan karya sastra yang pernah beliau pelajari pada masa kuliah. Beliau juga menambahkan bahwa dalam menggeluti sebuah profesi, kita bukan hanya sekedar bekerja namun juga belajar profesional mengatur waktu untuk dapat menyelesaikan segala pekerjaan dengan baik dan tepat waktu. Bermula dari segala hal-hal kecil yang sering kita lakukan setiap harinya terus berkembang dan menjadi sebuah modal kita mencapai kesuksesan. Le success est la somme de petits efforts répétes jour après jour–Leo Robert Colier.

Kuliah Tamu Etika Profesi ini sangat bermanfaat terutama bagi mahasiswa semester VII Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB. Mahasiswa semester VII yang mengikuti Kuliah Tamu Etika Profesi ini dapat memperoleh pengetahuan mengenai berbagai macam peluang pekerjaan setelah lulus dari bangku perkuliahan nanti (misal video jockey) dan dapat menjadi pacuan dalam mengembangkan etos kerja. Kuliah tamu ini juga bermanfaat memberikan pengetahuan mengenai etika profesi, peran, dan peluang video mapping di Indonesia. Selain itu, kuliah tamu ini dapat memberikan pengetahuan mengenai profesionalisme dalam lingkungan kerja dan keuntungan memiliki profil lulusan bahasa dan sastra ataupun kemampuan bahasa asing khususnya bahasa Prancis yang dapat menjadi point plus ketika menggeluti profesi yang kita minati. Ibu Lusia Neti Harwati, M.Ed. selaku dosen pengampu mata kuliah Etika Profesi juga menambahkan bahwa pengalaman dan keterampilan harus seimbang dalam rangka meningkatkan potensi diri pada profesi yang akan kita geluti nanti.