Ditulis pada tanggal 8 Oktober 2019, oleh hima Bastraprancis, pada kategori Berita, Kegiatan

Acara tahunan Journée Amicale kembali diadakan!

Dalam rangka menyambut keluarga baru Bahasa dan Sastra Prancis Universitas Brawijaya, CÉF mengadakan seminar pendidikan yang bertujuan untuk mengenalkan prodi Bahasa dan Sastra Prancis kepada mahasiswa baru angakatan tahun 2019. Journée Amicale sendiri diambil dari bahasa Prancis yang berarti ‘hari persahabatan’ dimaksudkan bahwa rangkaian ini sebagai wadah untuk lebih mendekatkan mahasiswa baru dengan teman – teman baru maupun dengan teman – teman dari angkatan sebelumnya. Tujuannya adalah supaya terciptanya rasa persaudaraan diantara keluarga besar Bahasa dan Sastra Prancis. Rangkaian Journée Amicale dilaksanakan dalam kurun waktu  3 hari yakni pada tanggal 7, 15, dan 28 September 2019.

Journée Amicale hari pertama dihadiri oleh ketua prodi Bahasa dan Sastra Prancis, Madame Rosana Hariyanti, M.A., yang kemudian secara resmi membuka rangakaian seminar pendidikan Journée Amicale 2019. Kata – kata sambutan juga disampaikan oleh ketua HIMA prodi Gazarasta Malibu dan ketua pelaksana Jihan. Lalu, acara dilanjutkan dengan materi pertama yang dibawakan oleh Madame Lusia Neti Harwati, M.Ed., dengan judul materi ‘Etika/Norma Akademis’ yang kemudian disusul dengan sesi tanya jawab. Lalu dilanjutkan dengan materi kedua yang dibawakan oleh M. Naufal Diandi dengan judul materi ‘Kerja Sama & Sosok Pemimpin’. Rangkaian acara Journée Amicale selanjutnya adalah games yang mengasah rasa kreatif dan kerjasama mahasiswa baru Bahasa dan Sastra Prancis 2019. Acara ditutup dengan pengenalan seluruh anggota staff CÉF cabinet La Marianne.

Journée Amicale hari kedua juga diisi dengan materi yang dibawakan oleh Restu Wahana selaku perwakilan dari Dewan Perwakilan Mahasiswa UB, membawakan materi yang berjudul ‘Etika Bersosialisasi dan Penyelesaian Konflik’. Lalu, materi kedua juga diisi oleh Hanifah Dwi Cahyani yang membawakan materi ‘Kehidupan Bertetangga dan Respect’. Seminar pendidikan pada hari kedua juga mendatangkan perwakilan dari IMASPI (Ikatan Mahasiswa Studi Prancis se-Indonesia) dan alumni dari Bahasa dan Sastra Prancis Universitas Brawijaya. Kemudian, pada siang harinya diadakan fun games yang bertempatan di halaman parkir FIB gedung B. Fun games ini bertujuan untuk melatih kekompakan mahasiswa baru.

Rangakaian terakhir Journée Amicale, diisi dengan penampilan bakat para mahasiswa Bahasa dan Sastra Prancis khususnya dibidang seni seperti teater, tari, puisi dan juga musik. Penampilan bakat tidak hanya diisi oleh mahasiswa angakatan lama tetapi mahasiswa baru juga ikut menunjukan talenta – talenta yang mereka miliki. Penamapilan – penampilan ini sekaligus menutup semua rangkaian seminar pendidikan Journée Amicale 2019.

pr1pr7pr2pr6pr4