Ditulis pada tanggal 29 September 2018, oleh admin, pada kategori Berita

JA1-

JA22-

JA3-

 

JA4-

JA5-

La Journée Amicale atau biasa disingkat JA merupakan seminar pendidikan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis yang dikemas dengan suasana kekeluargaan bagi mahasiswa baru Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya. Kegiatan ini sangat penting karena merupakan sarana untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan pendidikan bahasa Prancis; mengenal dan merasakan eksistensi Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis; mengenalkan program kerja kegiatan Himaprodi Bahasa dan Sastra Prancis kepada mahasiswa baru; ajang silaturahmi atau perkenalan lebih dekat antara mahasiswa baru, kakak angkatan, serta dosen Prodi Bahasa dan Sastra Prancis; serta kesempatan untuk menampilkan minat dan bakat mahasiswa baru.

JA dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 22 dan 30 Setember 2018. Rangkaian acara hari pertama diawali dengan sambutan dari Ketua Pelaksana, Ketua Himaprodi Bahasa dan Sastra Prancis, dan Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Prancis Ibu Rosana Hariyanti, M.A. Acara selanjutnya diisi dengan materi tentang “Etika Akademik” yang diberikan oleh Ibu Dr. Roosi Rusmawati, M.Si. Materi selanjutnya adalah tentang “Pengamalan AMICIF” yang dibawakan oleh Afifah Anjara, mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Prancis angkatan 2016. Acara selanjutnya adalah games (permainan) dan hiburan.

Rangkaian acara hari kedua dibuka dengan penampilan teater dari Divisi Minat Himaprodi Bastra dan Sastra Prancis. Acara selanjutnya adalah penampilan dari masing-masing kelompok mahasiswa baru. JA juga menjadi salah satu wadah bagi mahasiswa baru untuk menyalurkan minat dan bakat karena para mahasiswa baru dapat menampilkan bakat mereka berupa pertunjukan teater, pembacaan puisi, menyanyi, baca berita dalam bahasa Prancis, dan lain-lain.

Kegiatan JA ini membawa banyak manfaat terutama bagi mahasiswa baru Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB. Mahasiswa baru dapat mengetahui dan memahami tentang seluk beluk pendidikan bahasa Prancis di Prodi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UB. Selain itu, kegiatan JA ini dapat melatih kerjasama dan meningkatkan kinerja mahasiswa baru untuk mempersiapkan diri masuk di dunia perkuliahan yang akan mereka jalani.